AMD Akhirnya Ungguli Intel, Setelah 14 Tahun Lamanya

AMD Akhirnya Ungguli Intel, Setelah 14 Tahun Lamanya

amd-akhirnya-ungguli-intel-setelah-14-tahun-lamanya

AMD Akhirnya Ungguli Intel, Setelah 14 Tahun Lamanya – Dua produsen chip asal Amerika Serikat, AMD dan Intel tetap bersaing meraup pangsa pasar (market share) prosesor ( CPU) dunia. Intel selama bertahun-tahun mendominasi pasar CPU dunia, namun Seiring berjalannya waktu, kini pangsa pasar Intel kian digerus oleh AMD. Bahkan kini, AMD sukses mengungguli Intel. Berdasarkan laporan terbaru dari firma benchmarking, PassMark, pangsa pasar AMD disebut lebih unggul 1,6 persen di atas Intel.

AMD Akhirnya Ungguli Intel, Setelah 14 Tahun Lamanya

amd-akhirnya-ungguli-intel-setelah-14-tahun-lamanya

allansieber.com – Hasil riset PassMark terhadap 4 Januari 2021 menunjukan bahwa pangsa pasar AMD tercatat di angka 50,08 persen, sementara Intel hanya meraih 49,2 persen. Menurut PassMark, judibolalive99 prestasi mengungguli Intel ini pertama kalinya dicapai oleh AMD dalam 14 tahun terakhir. Sebagai acuan, terhadap 2019 lalu, Intel memimpin pangsa pasar yang jauh lebih besar dibanding AMD, yaitu di angka 57,4 persen. Sementara AMD hanya meraih pangsa pasar sekitar 42 persen. Di sektor PC, Intel tetap mendominasi 83 persen pangsa pasar CPU, sementara AMD berada di angka 17 persen

Berdasarkan survei yang dirilis Steam terhadap November 2020 lalu, disebutkan bahwa pengguna Steam yang kenakan CPU AMD tercatat di angka 26,91 persen.

Jumlah pengguna Steam yang kenakan CPU Intel sementara itu tetap lebih banyak dari CPU AMD, yaitu berkisar 73,09 persen. Kendati demikian, mesti dicatat bahwa survei ini tidak mendata seluruh pengguna Steam yang terdaftar di platform tersebut.

Alasan CPU AMD makin diminati oleh pengguna Steam tak lain gara-gara harga yang di tawarkan lebih terjangkau dibanding CPU bikinan Intel, di samping teknologi fabrikasi punya AMD yang kini lebih unggul. Saat ini, prosesor seri Ryzen besutan AMD sendiri sudah dimanufaktur pakai fabrikasi 7nm. Contohnya keluarga Ryzen 5000 terbaru yang dibuat pakai arsitektur anyar, Zen 3. Sedangkan prosesor tercanggih Intel dari keluarga Tiger Lake, tetap dibuat bersama dengan fabrikasi 10nm. Besaran angka fabrikasi ini berperngaruh dalam kuantitas transistor yang dapat ditampung, yang berpengaruh terhitung terhadap performa. Makin kecil angka fabrikasi, maka makin banyak kuantitas transistor yang dapat dijejalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *